20160302

Mengenal Kebakaran dan Penggolongannya


PENGERTIAN KEBAKARAN
Kebakaran Rumah / Gedung / Apartemen
Kebakaran merupakan sesuatu bencana yang disebabkan oleh api atau pembakaran tidak terkawal, membahayakan nyawa manusia, bangunan atau ekologi. Ia boleh jadi sengaja atau tidak sengaja. Kebakaran lazimnya akan menyebabkan kerusakan atau kemusnahan pada binaan dan kecederaan atau kematian kepada manusia. Kebakaran kadangkala turut menyebabkan ribut kebakaran atau kebakaran liar. Kebakaran bisa menyebabkan kecederaan atau kematian.

PENGGOLONGAN KEBAKARAN
Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 Tentang Syarat-Syarat Pemasangan Dan Pemeliharan Alat Pemadam Api Ringan dijelaskan sebagai berikut :
Penggolongan Kebakaran dikategorikan sebagai berikut : 
a.      Kebakaran Golongan A. (Kebakaran bahan padat kecuali logam)
b.      Kebakaran Golongan B. (Kebakaran bahan cair atau gas yang mudah terbakar)
c.       Kebakaran Golongan C. (Kebakaran instalasi listrik bertegangan)
d.      Kebakaran Golongan D. (Kebakaran logam)

Kebakaran Hutan / Lahan
Dalam peraturan tersebut juga dijelaskan Penggolongan kebakaran dan jenis Pemadam api ringan tersebut ayat (1) dan ayat (2) dapat diperluas sesuai dengan perkembangan tehnologi. Sehingga beberapa negara ada juga menggolongkan kebakaran dengan Kebakaran Golongan K dan E, dengan demikian penambahan penggolongan kebakaran sebagai berikut :
e.      Kebakaran kelas E. (Kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek pada peralatan elektronik).
f.        Kebakaran Klas K. (Kebakaran yang disebabkan oleh bahan akibat konsentrasi lemak yang tinggi. Dan bila terjadi kebakaran, mutlak yang dibutuhkan adalah alat pemadam kebakaran. Karena kebakaran yang besar berasal dari api yang kecil, oleh karena itu dibutuhkan apar (alat pemadam kebakaran ringan)


Harga Alat Pemadam Kebakaran
jenis pemadam kebakaran,alat kebakaran,distributor alat pemadam kebakaran,jenis jenis apar,jenis apar,isi tabung pemadam kebakaran,alat tabung pemadam,harga selang pemadam kebakaran,tabung apar,
sistem pemadam kebakaran,toko alat pemadam kebakaran,alat pemadam kebakaran harga,daftar harga mobil pemadam kebakaran,alat alat kebakaran,apar pemadam kebakaran,daftar harga tabung pemadam kebakaran,jenis jenis alat pemadam kebakaran,jual fire extinguisher,jual mobil pemadam kebakaran,peralatan pemadam, supplier alat pemadam kebakaran,daftar harga alat pemadam kebakaran,